http//www.manahilkhair.com

special for AiLL My son n Muhar my wife

Minggu, 07 Juni 2009

TRAUMA KEHAMILAN


TRAUMA KEHAMILAN
Trauma kehamilan dapat disebabkan oleh trauma mekanis, diantaranya akibat benda tumpul (mis : kecelakaan) , terjatuh, terbakar, luka inhalasi, kekerasan dalam rumah tangga, tikaman, senjata api, dan sebagainya. Kejadian ini dapat menyebabkan perdarahan pada ibu hamil dan dapat membahayakan kondisi ibu maupun janin yang dikandungnya. Akibat lebih lanjut, keadaan tersebut dapat menimbulkan syok, bahkan kematian pada ibu dan janin.
Penanganan umum perdarahan pada kehamilan :
Lakukan penilaian secara cepat mengenai keadaan umum pasien, termasuk tanda-tanda vital (nadi, tekanan darah, pernapasan, dan suhu).
Periksa tanda-tanda syok (pucat, berkerringat banyak, pingsan, tekanan sistolik kurang 90 mmHg, nadi lebih 112 kali per menit).
Jika dicurigai terjadi syok, segera mullai penanganan syok. Jika tidak terlihat tanda-tanda syok, tetap pikirkan kemungkinan tersebut saat penolong melakukan evaluasi mengenai kondisi wanita karena kondisinya dapat memburuk denganc epat. Jika terjadi syok, sangat penting untuk memulai penanganan syok dengan segera.
Jika pasien dalam keadaan syok, pikirkaan kemungkinan kehamilan ektopik terganggu.
Pasang infus dengan jarum infus besar ((16 G atau lebih), berikan larutan garam fisiologik atau ringer laktat dengan tetesan cepat (500 cc dalam 2 jam pertama).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar